Ciri-Ciri Alergi Makanan: SehatQ.com

Bantu Share Yuk!

Ciri-Ciri Alergi Makanan – Alergi adalah reaksi dari system kekebalan tubuh manusia terhadap suatu benda tertentu, yang seharusnya tidak menimbulkan suatu reaksi apapun pada tubuh orang lain. Reaksi tersebut bisa muncul dalam bentuk ruam kulit yang gatal, pilek bahkan sesak napas, lantas bagaimana jika terjadi alergi makanan?

Ciri-Ciri Alergi Makanan
Ciri-Ciri Alergi Makanan

Pengertian Alergi Makanan

Alergi makanan adalah reaksi yang terjadi pada system imun tubuh setelah mengkomsumsi beberapa makanan tertentu. Ada sebagian kecil dari makanan yang bisa menjadi pemicu tanda dan gejala alergi seperti masalah dalam system pencernaan, gatal-gatal atau saluran napas yang bengkak.

Pada beberapa orang, alergi makanan ini dapat menjadi penyebab gejala yang parah atau reaksi yang bisa mengancam jiwa yang dikenal sebagai syok (shock). Alergi makanan ini memiliki efek pada 6 hingga 8 persen pada anak dibawah umur 3 tahun dan lebih dari 3% pada orang dewasa.

Hal ini mudah untuk membedakan alergi makanan dengan reaksi yang lebih umum yang biasa dikenal sebagai intoleransi makanan.

Apa itu intoleransi makanan?

Intoleransi makanan adalah reaksi tubuh yang tidak terlalu serius serta tidak melibatkan sistem imun. Lalu dokter spesialis dalam mahir dalam hal alergi makanan yaitu dokter spesialis penyakit dalam, dan gizi.

Ciri – Ciri Alergi Makanan

Alergi makanan akan terjadi beberapa detik  atau menit setelah mengkomsumsi makanan tertentu. Beberapa orang akan merasakan reaksi alergi yang parah dan dapat membahayakan nyawa. Terdapat tipe reaksi alergi yang paling umum terhadap makan bisa diketahui dengan alergi makanan yang dimediasi dengan IgE. Cirinya yaitu:

  1. Mual atau muntah
  2. Kesulitan menelan
  3. Sakit pada daerah perut diare
  4. Nafas berbunyi dan pendek
  5. Rasa gatal pada mulut
  6. Ruam merah yang timbul dan gatal, dalam beberapa kasus, kulit akan berubah menjadi merah gatal akan tetapi tanpa ruam yang timbul.
  7. Terjadi pembengkakan pada daerah wajah, mulut, tenggorokan atau pada area tubuh lainnya.
  8. Demam serbuk bunga (hay fever), dengan gejala bersin atau mata yang gatal.

Kapan harus ke dokter?

Periksalah ke dokter bila muncul gejala atau ciri-ciri diatas setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Beri tahu dokter mengenai makanan apa yang telah kamu konsumsi.

Beberapa orang memiliki alergi makanan yang dapat memicu alergi yang serius yaitu anafilaksis. Berikan suntikan epinephrine dan segera ke IGD bila muncul gejal anafilaksis, gejalanya yaitu:

  1. Keringat dingin
  2. Pusing dan pandangan gelap
  3. Jantung berdebar
  4. Hilang kesadaran

Segera konsultasikan dengan dokter mengenai kemungkinan terkena alergi dan hal yang harus diwaspadai bila terdapat keluarga yang menderita penyakit alergi makanan, asma, atau bahkan rhinitis alergi.

Faktor Risiko Alergi Makanan

Alergi makanan ternyata lebih berisiko dialami oleh orang yang menderita alergi lain , seperti rhinitis alergi atau asma. Orang yang pernah terkena alergi pada satu jenis makanan juga lebih rentan terkena alergi pada jenis makanan lain.

Faktor lain yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena alergi makanan yaitu:

  1. Memiliki keluarga yang menderita Riwayat alergi, seperti asma atau biduran.
  2. Berusia dibawah lima tahun.

Semoga dengan kamu membaca artikel ini dapat membantu kamu dalam hal alergi makanan, kamu bisa berbagi informasi ini kepada orang yang terkena alergi terutama alergi pada makanan supaya bisa mengerti tentang ciri-ciri alergi makanan, info penyakit lebih lanjut dan detail kamu bisa langsung berkunjung ke SehatQ.com.


Bantu Share Yuk!