Cara Mengobati Kucing Keracunan

Bantu Share Yuk!

Pada dasarnya kucing itu memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi dan terobsesi dengan membersihkan dirinya sendiri, olah karena itu sering terjadi kucing terkena masalah serius, salah satunya yaitu kucing keracunan.

Lalu bagaimana cara mengobati kucing keracunan? Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silahkan lanjutkan membacanya sampai selesai, supaya kamu mengetahui cara mengatasi kucing keracunan.

Cara Mengobati Kucing Keracunan
Cara Mengobati Kucing Keracunan

Pertanyaan dan Jawaban Singkat

  1. Bagaimana cara mengobati kucing keracunan

    1. Identifikasi racun
    2. Bawa kucing ke tempat yang aman dengan sirkulasi udara yang baik dan dekat dengan sumber air untuk pertolongan pertama
    3. Jangan berikan obat rumahan mencegah memperparah kondisi
    4. Berikan air minum, dan susu
    5. Periksa bulu kucing dan bersihkan dari sisa racun yang menempel
    6. Gunakan arang aktif atau NORIT untuk mengobatinnya
    7. Hubungi / bawa ke dokter hewan

Cara Mengobati Kucing Keracunan

Perhatikan dengan teliti karena dibawah ini informasi penting tentang cara mengobati kucing keracunan parasetamol, ikan, kodok, racun tikus, kadal kecoa, cicak dan lainnya. Karena cara mengatasi kucing keracunan ini sifatnya universal atau menyeluruh.

  1. Memberi Pertolongan
    • Identifikasi
      Kenali ciri – ciri kucing keracunan terlebih dahulu seperti :
      1. Pingsan
      2. Muntah atau diare
      3. Iritasi lambung
      4. Depresi
      5. Gusi dan lidah berwarna biru
      6. Kesulitan bernafas
      7. Batuk dan bersin
      8. Pupil membesar
      9. Sering buang air kecil
      10. Menggigil
      11. Mengeluarkan air liur berlebihan
      12. Lemas dan tidak mau makan
      13. Urine berwarna gelap
      14. Kejang – kejang, gemetar dan otot berkedut tanpa disengaja
    • Amankan Kucing
      Bawa si kucing ke tempat ber-angin seperti tempat yang dekat dengan ventilasi dengan pencahayaan yang baik.
      1. Jika racun berada di dekat kucing, singkirkan terlebih dahulu racunnya supaya tidak terjangkau oleh hewan peliharaan dan manusia lainnya.
      2. Kucing keracunan akan terlihat tidak enak badan atau gelisah dan biasanya pergi kabur untuk bersembunyi.
        Angkat kucing kamu dengan hati – hati dan lembut kemudian pindahkan kucing kamu ke ruangan yang aman, seperti dapur atau kamar mandi karena ada akses ke air.
    • Hubungi Dokter Hewan
      Dalam kondisi darurat ini sangat dianjurkan untuk kucing kamu segera di bawa ke dokter hewan supaya mendapatkan penanganan cepat dan kemungkinan kucing akan sembuh lebih tinggi. Segeralah hubungi dokter hewan langganan kamu.
  2. Berikan Pertolongan Pertama
    1. Identifikasi racunnya terlebih dahulu.
      • Pertama: kamu harus menghubungi dokter hewan terdekat ataupun dokter hewan langganan kamu untuk menanyakan produknya yang beracun.
      • Kedua: Jika kamu bisa mengakses internet, segeralah melakukan riset terhadap bahan aktif dari racun tersebut.

        Misalnya ketika kamu memasukkan kata kunci di kolom pencarian, contoh: Apakah [nama produk] beracun untuk kucing? atau bisa juga dengan “keracunan [nama produk] pada kucing.
      • Ketika: Beberapa produk memang tidak berbahaya ketika ditelan kucing, anda tidak perlu khawatir.

        Akan tetapi jika produk tersebut beracun, kamu harus segera memutuskan untuk membantu kucing kamu muntah atau tidak.
    2. Jangan sembarangan dalam mengobati kucing
      Untuk kamu sebagai pemilik kucing, jangan lakukan pengobatan resep rumahan kecuali kamu tahu persis racun apa yang sedang dirasakan kucing dan obat apa yang harus diberikan sebagai pertolongan pertama.

      Sehingga hal ini dapat mencegah kucing menjadi lebih parah, kamu bisa mencari tau atau konsultasi kepada dokter mengenai obat dan instruksi – instruksinya.
      • Dokter hewan memang memiliki pengetahuan, dan keahlian yang lebih banyak untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan untuk mengobati kucing yang keracunan.

        Jadi, kamu tidak perlu repot – repot untuk mencoba hal apapun demi untuk menyembuhkan kucing.
    3. Meminta saran dari dokter hewan
      Hal yang hanya bisa kamu lakukan yaitu dengan hanya pacu respons muntah pada kucing jika:
      • Kamu yakin 100% bahwa kucing kamu sudah menelan racun
      • Racun tersebut BUKAN asam, produk proteleum yang kuat atau basa.
      • Racun tertelan oleh kucing dalam waktu 2 jam terakhir.

        Jika sudah tertelan melebih dari waktu 2 jam, racun sudah terserap, sehingga untuk memuntahkan racunnya saja itu sudah percuma.
      • Kucing tidak sadarkan diri atau pingsan akan tetapi masih bisa menelan.

        Jangan sampai kamu memasukkan apapun ke dalam mulut kucing yang nyaris tidak sadarkan diri, atau kucing yang sedang mengalami kejang – kejang bahkan gangguan mental.
    4. Mengetahui cara menangani produk proteleum, asam, dan basa
      Asam, basa dan produk proteleum dapat menyebabkan luka bakar.

      Tidak peduli sudah berapa lama racun ini ditelan oleh kucing, jangan sampai kamu berusaha untuk membuat kucing kamu muntah, karena dapat melukai tenggorokan.
      • Sudah disebutkan sebelumnya, bahwa jangan pernah kamu membuat kucing muntah, lebih baik berikan susu tinggi lemak atau telur mentah untuk kucing kamu.

        Jika kucing kamu kesulitan untuk mengkonsumsinya, kamu bisa membantu memberikannya dengan menyuapi dengan sendok atau tabung suntik supaya susu yang dimasukkan akan membantu menetralkan atau mengencerkan racunnya.

        Telur mentah juga memiliki efek yang sama seperti susu.
    5. Buat kucing muntah (jika dianjurkan)
      Untuk membuat kucing muntah, kamu membutuhkan peroksida 3%, jangan menggunakan hidrogen peroksida dengan konsentrasi lebih tinggi.

      Akan lebih mudah untuk memasukkan hidrogen peroksida tersebut dengan tabung suntik daripada menggunakan sendok.
    6. Mengatasi kucing keracunan dengan obat
      Ketika kucing sudah muntah, maka inilah saat yang paling tepat untuk mengurangi penyerapan racun yang sudah masuk ke dalam usus kucing. Jika kalian mengerti cara mengobati kucing keracunan dengan bahan alami atau obat tradisional silahkan lakukan, tetapi jika tidak yakin maka lebih baik gunakan cara lainnya.

      Kamu bisa menggunakan arang aktif, dan NORIT untuk jadikan obat kucing keracunan.
      • Arang Aktif: Dosisnya adalah 1 gram arang aktif bubuk untuk 2,27 kilogram berat tubuh.

        Kucing membutuhkan sekitar 10 gram arang aktif.
      • Cara Membuat :
        1. Larutkan bubuk dengan air dengan jumlah yang sedikit
        2. Masukkan ke dalam mulut kucing dengan bantuan tabung suntik
        3. Ulangi setiap 2 hingga 3 jam sebanyak 4 dosis.
  1. Merawat Kucing
    1. Periksa sisa – sisa bahan beracun
      Jika terdapat sisa racun yang menempel pada bulu kucing, segera dibersihkan supaya tidak dijilat oleh kucing dan ditelan olehnya.

      Cara menghilangkan racun pada bulu kucing itu cukup mudah, kamu bisa menggunakan minyak jika kondisi bulu kucing lengket.

      Kemudian kamu bisa menyisiri sambil mengoleskan seperti Swarfega Hand Cleaner (yang biasa digunakan oleh montir), setelah itu dibilas dengan menggnakan air bersih.

      Jika cara tersebut tidak berhasil, kamu bisa coba untuk menggunting bulu – bulu yang terkena cukup banyak racun supaya lebih aman dan terhindar dari penyebaran racun.
    2. Berikan kucing air minum
      Racun sangat berbahaya bagi hati, ginjal bahkan keduannya. Cara mengurangi resiko kerusakan organ dalam kucing karena racun yaitu dengan cara meminumkan air minum kekucing.

      Jika kesulitan meminum sendiri, kamu bisa membantunya dengan tabung suntik, lakukan perlahan dan pastikan kucing kamu meminumnya.
    3. Identifikasi sampel benda yang dicurigai
      Kumpulkan sampel racun dan masukan kedalam botol atau dikemas kemudian diberi label sebagai tanda untuk diberikan kepada dokter hewan supaya di identifikasi dan juga bisa membantu mengatasi pemilik kucing lain jika mengalami hal yang sama.
    4. Bawa kucing ke dokter hewan
      Untuk hasil yang maksimal, segeralah bawa kucing kamu ke dokter hewan untuk diperiksa lebih lanjut.

      Dengan begitu kamu bisa lebih memastikan bahwa kucing kamu benar – benar baik – baik saja, serta dokter dapat membantu memastikan seluruh racun pada tubuh kucing telah dikeluarkan serta tidak ada lagi masalah jangka panjang yang perlu dikhawatirkan.

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara mengobati kucing keracunan yang telah kamu baca, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari cara mengatasi kucing keracunan, semoga kucing kamu segera sembuh. Aamiin. Jangan lupa share informasi ini yaa. Terimakasih banyak.


Bantu Share Yuk!
1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Cara Mengatasi Kucing Stres

Cara Mengatasi Kucing Stres:Stres Karena Perjalanan Panjang, Stres Karena Trauma, Stres Karena Sakit, Stres Karena Pindah Rumah, Stres Karena Kesepian. Stres Karena kehilangan Anak. Stres Karena Bosan, Stres Karena Melahirkan, Potong Kuku Kucing, Pisahkan Kucing Dengan Peliharaan Lainnya, Berikan Zat Zyklene, Basmi Kutu Kucing

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Penyebab kucing tidak mau makan yaitu: Makanan, Minuman, Nafsu Makan, Bosan, Penyakit Mulut, Sakit, Masalah sistem pencernaan, Stress, birahi, Perubahan cuaca, kondisi tempat makan kucing.

Ciri – Ciri Kucing Keracunan

Ciri - ciri kucing keracunan adalah Diare, muntah, susah bernafas, sering buang air kecil, air liur lebih banyak, lemas, gusi dan lidah kebiruan, tubuh gemetar, batuk dan bersin, pupil mata membesar, kejang - kejang, pingsan, sensitif, stres.

Ciri – Ciri Kucing Stres

Ciri-ciri kucing stres: Kucing tidak mau makan, muntah, mencret, mengeong terus, tidur terus, agresif, Tingkah, bosan, Grooming berlebihan, gatal-gatal, mengeong terus,tidur terus, suka menyendiri,botak di kepala, mata berair, hidung berair, telinga berair, tidak mau makan, berat badan turun.

Cara Mengobati Kucing Diare

Cara Mengobati Kucing Diare dengan memberikan oralit khusus hewan, obat cacing, yogurt, tempe, norit, wortel, cuka apel, probiotik, dan berikan kasih sayang untuk kucing.