Cara Mengobati Kucing Diare

Bantu Share Yuk!

Banyak yang bertanya bagaimana cara mengatasi kucing diare? Karena kucing menjadi salah satu hewan yang mudah terserang proses pencernaannya sehingga kucing mencret.

Penyebab kucing mencret juga sangat bervariasi lho! Contohnya kucing mencret dan tidak mau makan, muntah – muntah dan poop hingga berdarah.

Kita sebagai pemilik kucing juga ga tega dan tidak mau sampe terkena diare apalagi peliharaan kita si kucing terkena diare terus menerus (diare akut).

Cara Mengobati Kucing Diare
Cara Mengobati Kucing Diare
  1. Bagaimana cara mengobati kucing mencret?

    – Berikan Oralit Khusus Hewan
    – Berikan Obat Cacing untuk Kucing
    – Berikan Yogurt untuk Kucing
    – Berikan Tempe untuk Kucing
    – Berikan Norit untuk Kucing
    – Berikan Wortel pada Makanan Kucing
    – Berikan Cuka Apel pada Minuman Kucing
    – Berikan Probiotik pada Makanan atau Minuman Kucing
    – Berikan Makanan yang Lunak untuk Kucing
    – Berikan Kucing Puasa
    – Berikan Kebersihan untuk Kucing
    – Berikan Makanan Kucing yang Bervariatif (Variasi Makanan)
    – Berikan Larangan untuk Kucing Supaya Tidak Mengkonsumsi Sayuran
    – Berikan Kasih Sayang untuk Kucing

Cara Mengobati Kucing Diare

Cara Mengobati Kucing Diare Secara Alami

1. Berikan Oralit untuk Kucing (Khusus Hewan)

Oralit untuk kucing biasanya tersedia di Pet Shop terdekat di rumah kamu. Kamu bisa menannyakan kepada penjualnya dan meminta saran penggunaan obatnya.

2. Berikan Obat Cacing untuk Kucing

Kamu bisa mencoba memberikan obat cacing untuk kucing, ada kemungkinan juga kucing cacingan. Karena cacingan ini bisa menjadi penyebab kucing diare, oleh karena itu kamu juga bisa mempelajari cara mengobati kucing cacingan.

3. Berikan Yogurt untuk Kucing

Kenapa Yogurt?

Karena manfaat Yogurt untuk kucing membantu sistem pencernaan dalam tubuh.

Bakteri baik bernama Lactobacillus termasuk kategori non patagon. Kamu bisa memilih Yogurt yang non laktosa atau berkadar rendah laktosanya dan kamu bisa memberikan 1 – 2 sendok teh saja dalam beberapa hari sekali.

4. Berikan Tempe untuk Kucing

Tempe untuk kucing juga dapat mengobati diare pada kucing, jika tempe direbus juga tidak berkurang banyak kandungannya.

5. Berikan Norit untuk Kucing

Norit untuk kucing memiliki kandungan karbon aktif yang dapat menyerap zat racun yang terdapat pada sistem pencernaan dan akan dikeluarkan melalui feses atau pup,

6. Berikan Wortel pada Makanan Kucing

Wortel untuk kucing juga dapat mengobati kucing diare, obat alami mengatasi kucing mencret ini memiliki kandungan zat yang dapat membunuh beberpa jenis cacing yang biasa menginfeksi sistem pencernaan pada kucing, kemudian cara memberikannya cukup mencampurkan wortel dengan makanan kucing.

7. Berikan Cuka Apel pada Minuman Kucing

Selain wortel juga terdapat cuka apel untuk kucing bisa dipercaya dapat mengatasi masalah pencernaan kucing, tetapi perlu diingat bahwa tidak semua kucing menyukai rasa dari cuka apel, namun tidak salah kan untuk mencoba memberikan cuka apel pada minuman kucing.

Jika cuka apel rasanya terlalu asam dan kucing tidak suka, maka kamu bisa menambahkan air bersih. Kucing yang sedang diare memang sangat membutuhkan banyak cairan lho!

8. Berikan Probiotik Untuk Kucing pada Makanan atau Minuman

Forti Flora adalah produk yang mengandung probiotik dan khusus diberikan kepada hewan. Probiotik adalah bakteri baik yang dapat memperbaiki sistem pencernaan kucing, hal ini dapat digunakan sebagai obat kucing mencret.

9. Berikan Kucing Puasa (Optional)

Loh kok kucing disuruh puasa? Iyaa, karena puasa juga dapat meredakan gejala diare. Kucing berpuasa selama 12 jam, dan tetap diberikan minum air bersih yang higienis, tidak boleh puasakan kucing selama 24 jam karena berakibat fatal dong!

10. Berikan Makanan yang Lunak untuk Kucing

Setelah kucing berpuasa, kamu bisa memberikan makanan untuk kucing yang lunak sehingga mudah dicerna, contohnya daging ayam atau ikan yang direbus kemudian dicampurkan dengan nasi.

11. Berikan Kebersihan untuk Kucing

Salah satu penyebab kucing mencret atau diare ini yang utama yaitu faktor kebersihan tempat, oleh karena itu kamu harus selalu menjaga kebersihan yang ada pada lingkungan kucing, dan langkah ini supaya kucing tidak terkontaminasi oleh penyakit kucing lainnya yang dapet memperparah keadaan kucing.

12. Berikan Makanan Kucing yang Bervariatif (Variasi Makanan)

Ada kemungkinan bahwa makanan kucing tersebut terkontaminasi atau tidak cocok dengan si kucing sehingga dapat menjadi penyebab kucing mencret. Oleh karena itu berikan makanan kucing yang cocok atau yang biasa diberikan kepada kucing dan tidak memiliki efek diare untuk kucing.

13. Berikan Larangan untuk Kucing Supaya Tidak Mengkonsumsi Sayuran

Kenapa kok dilarang?

Karena sayuran adalah salah satu makanan kaya s erat yang dapat membuat feses sikucing menjadi semakin lunak bahkan cair loh! Jadi, stop memberikan sayuran kepada kucing, walau tidak semua kucing menyukai sayuran.

14. Berikan Kasih Sayang untuk Kucing

Pemberian kasih sayang untuk kucing dengan cara memberikan makanan, dan minuman yang teratur, mengelus badan kucing dan memanjakannya. Jika kucing diare karena stres maka masalah kucing mencret akan segera hilang dengan sendirinya.

Video Cara Mengobati Kucing Diare

Cara diatas sudah banyak dicoba untuk mengatasi kucing mencret Ringan (mencret biasa) / Berat(mencret muntah, kucing mencretberlendir, kucing mencretberdarah, kucing mencret dan tidak mau makan, dan lain sebagainya).

Lantas cara tebaik untuk mengatasi hal itu yaitu dengan membawa ke dokter hewan secepatnya sebelum terlambat! Karena kalau tidak diatasi segera mungkin maka bisa berakibat fatal seperti kucing lemas tidak bergerak bahkan sampai mati, JANGAN SAMPAI! Yuk, bantu share artikel ini untuk membantu pecinta kucing lainnya.


Bantu Share Yuk!
1 Shares: